Solusi EPSON C90 (update) ….. ditemukan

1 01 2011

Setelah mengutak-atik beberapa lama akhirnya saya menemukan solusinya berkaitan dengan tulisan saya terdahulu bahwa ada realita baru pada EPSON c90 saya yaitu : “LED HIJAU DAN MERAH “ON”. hal ini muncul karena printer epson tidak mengenal pasangannya, yaitu “dia” ingin memberitahukan adanya cartridge (dalam hal ini tinta infus yang saya pake) sehingga (lebih spesifik adalah “CHIPS set” cartridgenya). saya telah mencoba untuk menggantikannya dengan cartridge yang baru namun hasilnya NIHIL. Belum puas rasanysa akhirnya saya coba cari tahu dengan EPSON milik teman yang sama dan kebetulan tidak digunakan karena masalah yang serupa tapi tak sama (rusak PRINT HEADnya). saya pinjam sementara cartridge setnya dan saya pasangkan di printer saya, dengan harapan ada “nafas” dari EPSON C90 saya yang sedang KOMA ini.

Tanpa pikir panjang saya coba untuk menggantikannya dan ternyata ada NAFAS EPSON SAYA ………………. Alhamdulillahi rabbul ‘alamin, ……… cek punya cek …… ternyata:

1. Tipe yang saya gunakan adalah (chip set) cartridge ARC (yang rusak) dengan tombol manual resetnya (pencetan di tengah2 cartridge)

2. Tipe pengganti untuk uji coba sebelumnya adalah 73NR (saya beli hanya chip setnya aja) dan 731R s/d 734R (saya beli chip dan tangki cartridgenya aja)

3. Tipe milik teman saya (yang cocok dan dikenali EPSON saya) adalah ARC juga hanya dia yang model auto reset

Akhirnya sementara saya berkesimpulan bahwa : KESALAHAN DETEKSI AKIBAT DARI KETIDAKSESUAIAN TIPE CHIPSET SEBELUM DAN SESUDAHNYA (CARTRIDGE PENGGANTI BARU, KALO ARC –> ya gunakan ARC).

semoga tulisan ini dapat memberitahu pengunjung blog saya dan bermanfaat.

SALAM KENAL ……..

 


Aksi

Information

One response

1 01 2011
eddynurraharjo

akhirnya bsa dipake lagi deh ………

Tinggalkan Balasan

